Komunikasi Dalam Jaringan
Komunikasi Dalam Jaringan
Dalam Mata Pelajaran Simdig, adapun yang dimaksud dengan
“komunikasi dalam jaringan” (komunikasi daring) adalah
komunikasi menggunakan teknologi digital dengan sarana Internet.
Internet adalah media komunikasi yang cukup efektif dan efisien
terbukti dengan tersedianya berbagai layanan fasilitas
seperti web, chatting (misalnya Whatsapp, Line, Google Hangouts), e-mail (surat elektronik- surel)
Facebook, dan Twitter. Begitu banyak fasilitas
yang ditawarkan dalam dunia maya untuk memudahkan terjadinya komunikasi.
Seseorang dituntut untuk cerdas memilih layanan daring yang sesuai
dengan kebutuhannya.
Terdapat dua
jenis komunikasi daring:
1. Komunikasi Daring Sinkron (Serempak)
Komunikasi daring serempak atau komunikasi daring sinkron adalah
komunikasi menggunakan perangkat seperti komputer, smartphone, dan
sejenisnya yang terkoneksi dengan internet sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu
nyata (real time).
Contoh komunikasi sinkron antara lain sebagai berikut.
- Text chat,
adalah sebuah fitur, perangkat lunak, atau program dalam jaringan
Internet
untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung antara sesama
pemakai Internet yang
sedang daring (yang sama - sama sedang menggunakan internet).
Komunikator dapat
mengirim pesan dengan teks kepada orang lain yang sedang daring,
kemudian orang yang
dituju (komunikan) membalas pesan dengan teks, demikian
seterusnya. Itulah proses
terjadinya text chatting.
- Video chat,
merupakan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video
secara real time antara pengguna di lokasi yang berbeda dengan syarat terkoneksi
internet. Video chatting biasanya dilakukan melalui perangkat komputer maupun Tablet atau
smartphone (juga disebut video call). Video chatting dapat
berupa interaksi point-to-point (satu-satu), seperti FaceTime dan Skype, atau interaksi multipoint
(satu-ke-banyak, atau banyak-ke- banyak), seperti dalam Google+ Hangouts.
Videochatting sering disalahartikan dengan video conference.
Videochatting merujuk pada komunikasi video di antara dua orang individu (point to
point), sedangkan video conference mengacu pada komunikasi video di antara 3 pihak atau lebih (multipoint).
2. Komunikasi Daring Asinkron (Tak Serempak)
Komunikasi
daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat
komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron adalah
e-mail, forum, rekaman simulasi visual, serta membaca dan menulis dokumen daring
melalui World Wide Web.
Pemanfaatan Komunikasi Daring Asinkron
Jenis
komunikasi asinkron
antara lain e-mail, forum, blog, jejaring sosial (social network)
dan website. Di dalam Bahan
Ajar ini, hanya akan dibahas penggunaan e-mail sebagai salah satu
bentuk komunikasi asinkron
E-mail singkatan
dari electronic-mail yang berarti surat elektronik, disingkat surel.
Alamat
e-mail merupakan bagian dari identitas di dunia maya. Hampir seluruh
layanan daring
mensyaratkan kepemilikan e-mail untuk mengakses layanan tersebut.
Kelebihan e- mail dibandingkan
surat biasa, yaitu:
- e-mail akan langsung terkirim ke alamat tujuan dalam waktu yang singkat;
- e-mail dapat menampung lampiran (attachment) berupa file digital;
- Sebagian besar e-mail tidak memerlukan biaya selain untuk koneksi Internet
Dari segi
layanan, terdapat e-mail gratis dan e-mail berbayar.
- e-mail gratis adalah kegiatan surat-menyurat melalui jaringan internet tanpa mengeluarkan biaya dalam penggunaannya. Pada umumnya, biaya yang diperlukan hanyalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Walaupun kadang terdapat layanan tambahan yang berbayar, misalkan surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman. Contoh e-mail gratis adalah Yahoo! mail, Gmail, Livemail, Hotmail, dan sejenisnya.
- e-mail berbayar adalah kegiatan surat-menyurat melalui jaringan internet yang dikenai biaya tambahan. Pengguna diwajibkan membayar untuk berlangganan e-mail dengan layanan yang tidak didapatkan pada e-mail gratis. Sebagai contoh yahoo! mail plus dengan berbagai layanan tambahan, antara lain: tambahan kapasitas e-mail, nama custom domain email, perlindungan terhadap virus, bebas iklan, dan berbagai layanan tambahan lainnya. Sebagian besar penyedia layanan email berbayar menyediakan layanan email bagi korporasi, seperti Google Suites, Zoho Mail, dll.
Komponen Pendukung Komunikasi Daring
Komponen-komponen
tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian sebagai
berikut.
- Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat
yang bentuknya dapat dilihat ataupun diraba oleh manusia secara langsung atau berbentuk nyata. Contoh dari perangkat keras yang diperlukan untuk melaksanakan komunikasi
daring adalah komputer, headset, microphone, serta perangkat
pendukung lainnya.
- Perangkat Lunak (Software)
Program
komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki.
Program diperlukan sebagai jembatan antara perangkat akal (brainware) dengan
perangkat keras (hardware). Program-program yang biasa digunakan dalam pelaksanaan
komunikasi daring antara lain: Skype, Google Hangouts, web conference,
dan sejenisnya
- Daya Nalar atau Akal (Brainware)
Termasuk
dalam komponen ini adalah mereka (manusia) yang terlibat dalam penggunaan
serta pengaturan perangkat lunak dan perangkat keras untuk melaksanakan komunikasi
daring.
Tata Krama Komunikasi Sinkron
Terdapat beberapa
hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan komunikasi sinkron agar
tidak terjadi kesalahpahaman. Beberapa tata krama dalam komunikasi sinkron,
khususnya video conference, antara lain sebagai berikut.
- Periksa peralatan yang akan digunakan.
- Hadirlah tepat waktu sesuai kesepakatan.
- Dalam video conference, akan diminta untuk memasukkan nama pengguna. Gunakanlah nama asli, instansi/sekolah, dan lokasi yang benar, misalnya Andreseptian_SMK Maju Padang. Hal ini akan memudahkan pengguna lain untuk mengetahui siapa lawan bicaranya..
- Jika menggunakan mikrofon, carilah lingkungan yang tenang, jangan sampai ada suara di sekitar yang mengganggu jalannya komunikasi. Jangan lupa menonaktifkan mikrofon jika sedang tidak digunakan.
- Walaupun tidak bertatap muka dengan peserta lainnya, tetap gunakan pakaian yang sesuai dengan acara.
- Perkenalkan diri sebelum berbicara, pastikan suara dapat terdengar oleh semua peserta.
- Saat dipersilakan berbicara, teruslah berbicara. Jika terdapat masalah teknis, peserta lain atau moderator akan menginformasikannya.
- Fokus pada diskusi, jangan melakukan aktivitas lain ketika sedang melaksanakan video conference.
Casinos Near Casinos Near Casinos with Casino Games | Mapyro
BalasHapusGet directions, reviews and information 대구광역 출장안마 for Casinos Near Casinos in Las Vegas, NV. 남원 출장샵 At Mapyro, 청주 출장샵 you'll find everything 하남 출장마사지 you 태백 출장마사지 need to relax,