Komunikasi Dalam Jaringan


Komunikasi Dalam Jaringan

Dalam Mata Pelajaran Simdig, adapun yang dimaksud dengan “komunikasi dalam jaringan” (komunikasi daring) adalah komunikasi menggunakan teknologi digital dengan sarana Internet.
Internet adalah media komunikasi yang cukup efektif dan efisien terbukti dengan tersedianya berbagai layanan fasilitas seperti web, chatting (misalnya Whatsapp, Line, Google Hangouts), e-mail (surat elektronik- surel) Facebook, dan Twitter. Begitu banyak fasilitas yang ditawarkan dalam dunia maya untuk memudahkan terjadinya komunikasi.
Seseorang dituntut untuk cerdas memilih layanan daring yang sesuai dengan kebutuhannya.






Terdapat dua jenis komunikasi daring:

 1. Komunikasi Daring Sinkron (Serempak)

Komunikasi daring serempak atau komunikasi daring sinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat seperti komputer, smartphone, dan sejenisnya yang terkoneksi dengan internet sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time).
Contoh komunikasi sinkron antara lain sebagai berikut.

  • Text chat, 

adalah sebuah fitur, perangkat lunak, atau program dalam jaringan Internet
untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung antara sesama pemakai Internet yang
sedang daring (yang sama - sama sedang menggunakan internet). Komunikator dapat
mengirim pesan dengan teks kepada orang lain yang sedang daring, kemudian orang yang
dituju (komunikan) membalas pesan dengan teks, demikian seterusnya. Itulah proses
terjadinya text chatting.

  • Video chat, 

merupakan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time antara pengguna di lokasi yang berbeda dengan syarat terkoneksi internet. Video chatting biasanya dilakukan melalui perangkat komputer maupun Tablet atau smartphone (juga disebut video call). Video chatting dapat berupa interaksi point-to-point (satu-satu), seperti FaceTime dan Skype, atau interaksi multipoint (satu-ke-banyak, atau banyak-ke- banyak), seperti dalam Google+ Hangouts.

Videochatting sering disalahartikan dengan video conference. 

Videochatting merujuk pada komunikasi video di antara dua orang individu (point to point), sedangkan video conference mengacu pada komunikasi video di antara 3 pihak atau lebih (multipoint).


2. Komunikasi Daring Asinkron (Tak Serempak)

Komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron adalah e-mail, forum, rekaman simulasi visual, serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web.

Pemanfaatan Komunikasi Daring Asinkron

Jenis komunikasi asinkron antara lain e-mail, forum, blog, jejaring sosial (social network) dan website. Di dalam Bahan Ajar ini, hanya akan dibahas penggunaan e-mail sebagai salah satu bentuk komunikasi asinkron
E-mail singkatan dari electronic-mail yang berarti surat elektronik, disingkat surel.
Alamat e-mail merupakan bagian dari identitas di dunia maya. Hampir seluruh layanan daring mensyaratkan kepemilikan e-mail untuk mengakses layanan tersebut. Kelebihan e- mail dibandingkan surat biasa, yaitu:
  • e-mail akan langsung terkirim ke alamat tujuan dalam waktu yang singkat;
  • e-mail dapat menampung lampiran (attachment) berupa file digital;
  • Sebagian besar e-mail tidak memerlukan biaya selain untuk koneksi Internet


Dari segi layanan, terdapat e-mail gratis dan e-mail berbayar.

  • e-mail gratis adalah kegiatan surat-menyurat melalui jaringan internet tanpa mengeluarkan biaya dalam penggunaannya. Pada umumnya, biaya yang diperlukan hanyalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Walaupun kadang terdapat layanan tambahan yang berbayar, misalkan surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman. Contoh e-mail gratis adalah Yahoo! mail, Gmail, Livemail, Hotmail, dan sejenisnya.
  • e-mail berbayar adalah kegiatan surat-menyurat melalui jaringan internet yang dikenai biaya tambahan. Pengguna diwajibkan membayar untuk berlangganan e-mail dengan layanan yang tidak didapatkan pada e-mail gratis. Sebagai contoh yahoo! mail plus dengan berbagai layanan tambahan, antara lain: tambahan kapasitas e-mail, nama custom domain email, perlindungan terhadap virus, bebas iklan, dan berbagai layanan  tambahan lainnya. Sebagian besar penyedia layanan email berbayar menyediakan layanan email bagi korporasi, seperti Google Suites, Zoho Mail, dll.


Komponen Pendukung Komunikasi Daring




Komponen-komponen tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian sebagai
berikut.

  • Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat yang bentuknya dapat dilihat ataupun diraba oleh manusia secara langsung atau berbentuk nyata. Contoh dari perangkat keras yang diperlukan untuk melaksanakan komunikasi daring adalah komputer, headset, microphone, serta perangkat pendukung lainnya.

  • Perangkat Lunak (Software)


Program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki. Program diperlukan sebagai jembatan antara perangkat akal (brainwaredengan perangkat keras (hardware). Program-program yang biasa digunakan dalam pelaksanaan komunikasi daring antara lain: Skype, Google Hangouts, web conference, dan sejenisnya

  • Daya Nalar atau Akal (Brainware)
Termasuk dalam komponen ini adalah mereka (manusia) yang terlibat dalam penggunaan serta pengaturan perangkat lunak dan perangkat keras untuk melaksanakan komunikasi daring.

Tata Krama Komunikasi Sinkron


Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan komunikasi sinkron agar tidak terjadi kesalahpahaman. Beberapa tata krama dalam komunikasi sinkron, khususnya video conference, antara lain sebagai berikut.
  • Periksa peralatan yang akan digunakan.
  • Hadirlah tepat waktu sesuai kesepakatan.
  • Dalam video conference, akan diminta untuk memasukkan nama pengguna. Gunakanlah nama asli, instansi/sekolah, dan lokasi yang benar, misalnya Andreseptian_SMK Maju Padang. Hal ini akan memudahkan pengguna lain untuk mengetahui siapa lawan bicaranya..
  • Jika menggunakan mikrofon, carilah lingkungan yang tenang, jangan sampai ada suara di sekitar yang mengganggu jalannya komunikasi. Jangan lupa menonaktifkan mikrofon jika sedang tidak digunakan.
  • Walaupun tidak bertatap muka dengan peserta lainnya, tetap gunakan pakaian yang sesuai dengan acara.
  • Perkenalkan diri sebelum berbicara, pastikan suara dapat terdengar oleh semua peserta.
  • Saat dipersilakan berbicara, teruslah berbicara. Jika terdapat masalah teknis, peserta lain atau moderator akan menginformasikannya.
  • Fokus pada diskusi, jangan melakukan aktivitas lain ketika sedang melaksanakan video conference.




Komentar

  1. Casinos Near Casinos Near Casinos with Casino Games | Mapyro
    Get directions, reviews and information 대구광역 출장안마 for Casinos Near Casinos in Las Vegas, NV. 남원 출장샵 At Mapyro, 청주 출장샵 you'll find everything 하남 출장마사지 you 태백 출장마사지 need to relax,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gerakan Kamera

Kewargaan Digital

Teknik Pengambilan Gambar Adegan Dialog